PENGGUNAAN VLOOKUP DALAM MS. EXCEL.
VLOOKUP merupakan singkatan dari vertical
lookup yang menggambarkan proses kerjanya mencari data
secara vertikal baris demi baris.
Fungsi ini sangat luas digunakan sejak versi awal
Excel sampai sekarang. Apabila Anda bekerja sehari-hari dengan Excel maka bisa
dipastikan akan menggunakan VLOOKUP ini.
Ilustrasi Proses Kerja
VLOOKUP
1.
Cell data sumber dengan kode kota MKS akan
digunakan sebagai nilai pencarian atau lookup value ke suatu
tabel referensi yang berisi kode dan nama kota.
2.
Data pada kolom pertama di tabel
referensi, yaitu BDG, JKT, LMP, MDN, MKS,dan SMD akan
dicocokkan dengan lookup value MKS.
3. Proses pencarian ini akan menemukan data pada baris kelima di tabel referensi.
4. Pada posisi hasil pencarian di baris kelima, fungsi akan mengambil nama kota yang terdapat di kolom kedua yaitu Makassar. Nilai akhir inilah yang akan didapatkan dari fungsi VLOOKUP.
5. Selesai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar